TINJAUAN UMUM QFD

Tinggalkan komentar

22 November 2009 oleh hendri tanias


Konsep dasar Quality Function Deployment (QFD) adalah suatu cara pendekatan untuk mendesain produk agar dapat memenuhi keinginan konsumen. Tujuan dari prinsip QFD adalah untuk memastikan bahwa kebutuhan dan keinginan pelanggan dapat terpenuhi dalam proses penurunan suatu produk atau jasa, karena QFD bermula dari suara pelanggan (VOC= Voice of Customer) dan sering disebut sebagai customer-driven product development atau customer-fucosed design. Sasaran pertama dari QFD adalah selalu menghindari market misses produk  jatuh di pasaran akibat kalah bersaing.  Sasaran kedua QFD adalah  untuk meningkatkan laju dan efisiensi dari proses pengembangan produk.

Dale (1990) menyatakan bahwa manfaat dari QFD diantaranya adalah:

  1. Meningkatkan kualitas dan kepuasan pelanggan
  2. Meningkatkan performansi perusahaan
  3. Mengurangi waktu perencanaan
  4. Meningkatkan produktifitas teknik dan stafnya
  5. Mengurangi komplain garansi/jaminan
  6. Meningkatkan peluang pasar
  7. Meningkatkan profitabilitas
  8. Mengembangkan proses pengambilan keputusan (decision making)

Matriks QFD terdiri atas matriks desain proses, matriks penentuan parameter, dan matriks operasi produksi (Cohen, 1995).


Sumber: Cohen (1995)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kalender

November 2009
S S R K J S M
« Okt   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  
November 2009
S S R K J S M
« Okt   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Blog Stats

  • 44,184 hits
%d blogger menyukai ini: