LAMBANG-LAMBANG PETA KERJA

Tinggalkan komentar

22 November 2009 oleh hendri tanias

Menurut Sutalaksana (2006), sesuai dengan catatan sejarah, peta-peta kerja yang ada sekarang ini dikembangkan oleh Gilberth dengan mengusulkan 40 buah lambang yang dapat dipakai dalam pembuatan peta-peta kerja, yang kemudian disederhanakan menjadi empat macam lambang yaitu operasi, transportasi, pemeriksaan, dan penyimpanan atau menunggu. Penyederhanaan ini memudahkan pembuatan suatu peta kerja selain karena setiap notasi mempunyai fleksibilitas yang tinggi yaitu bahwa setiap lambang mempunyai arti yang sangat luas. Lambang-lambang yang digunakan oleh Gilberth kemudian dimodifikasi oleh American Society of Mechanical Engineers (ASME) pada tahun 1947 seperti lingkaran kecil diganti dengan anak panah untuk kejadian transportasi dan menambah lambing baru untuk proses menunggu. Lambang-lambang yang diusulkan oleh ASME dapat diuraikan sebagai berikut:

  1. Operasi dilambangkan dengan lingkaran.

Suatu kegiatan operasi terjadi apabila benda kerja mengalami perubahan sifat baik fisik maupun kimiawi, mengambil informasi, dan memberikan informasi mengenai suatu keadaan. Operasi merupakan kegiatan yang paling bayak terjadi dalam suatu proses dan biasanya terjadi pada suatu mesin atau stasiun kerja seperti pekerjaan menyerut kayu dengan mesin serut, pekerjaan mengeraskan logam, dan pekerjaan merakit.

  1. Pemeriksaan/inspeksi dilambangkan dengan persegi.

Suatu kegiatan pemeriksaan terjadi apabila benda kerja atau peralatan mengalami pemeriksaan baik segi kualitas maupun kuantitasnya. Pemeriksaan tidak mengarahkan bahan untuk menjadi suatu barang jadi misalnya mengukur dimensi benda, memeriksa warna benda, dan membaca alat ukur tekanan uap pada suatu mesin uap.

 

  1. Transportasi dilambangkan dengan anak panah.

Suatu kegiatan transportasi terjadi apabila benda kerja, pekerja atau perlengkapan mengalami peperpindahan tempat yang bukan bagian dari suatu operasi seperti memindahkan barang dengan kereta dorong, mengangkat benda kerja dengan katrol, dan memindahkan benda kerja dari mesin bubut ke mesin fris.

  1. Aktivitas Gabungan dilambangkan dengan lingkaran dan persegi.

Kegiatan ini terjadi antara aktivitas operasi dan pemeriksaan dilakukan bersamaan.

  1. Menunggu (delay) dilambangkan dengan D.

Proses menunggu terjadi apabila benda kerja, pekerja atau perlengkapan tidak mengalami kegiatan apapun atau berhenti sementara yang menunjukkan bahwa suatu obyek ditinggalkan untuk sementara tanpa pencatatan sampai diperlukan kembali seperti obyek menunggu untuk diproses atau diperikesa, peti menunggu untuk dibongkar, dan bahan menunggu untuk dipindahkan ke tempat lain.

  1. Penyimpanan (storage) dilambangkan dengan merge.

Proses penyimpanan terjadi apabila benda kerja disimpan untuk jangka waktu yang cukup lama. Jika benda kerja tersebut ingin diambil kembali biasanya membutuhkan prosedur perizinan tertentu. Lambang di atas menyatakan bahwa suatu obyek mengalami penyimpanan secara permanen misalnya penyimpanan dokumen-dokumen dalam brankas dan penyimpanan bahan baku dalam gudang.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kalender

November 2009
S S R K J S M
« Okt   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  
November 2009
S S R K J S M
« Okt   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Blog Stats

  • 33,311 hits
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: